Facebook

header ads

3 Teknologi Umum Yang Digunakan Oleh Jaringan Ponsel Sebelum Teknologi 3G dan 4G LTE

Seperti yang kita ketahui, saat ini kita sedang berada di era teknologi 4G LTE. Dimana teknologi yang baru-baru ini diluncurkan akan sangat memanjakan pengguna paket data untuk mengakses jaringan internet secara cepat. Sebelumnya, sudah ada teknologi 3G yang sampai saat ini masih memiliki mayoritas pelanggan diberbagai wilayah. Dengan teknologi 3G saja sudah banyak kepuasan yang dirasakan para penggunanya, mulai dari mengakses internet, sosial media, dan mesengger. Dan sekarang sudah ada teknologi 4G LTE, bisa dibayangkan kecepatan akses internetnya ? Sayangnya, teknologi 4G LTE ini belum merata dan baru bisa diakses di wilayah kota-kota besar.

3 Teknologi Umum Yang Digunakan Ponsel Sebelum Teknologi 3G dan 4G LTE

Tahukah kamu tentang teknologi yang digunakan sebelum teknologi 3G dan 4G LTE ? Kalau belum tahu, mari kita simak sedikit penjelasannya untuk menambah wawasan pengetahuan kita:

1. Frequency Division Multiple Access (FDMA)

FDMA dapat mengirimkan sinyalnya pada frekuensi yang berbeda pada tiap-tiap pengguna ponsel. FDMA digunakan sebagian besar untuk transmisi analog, untuk membawa informasi digital.

2. Time Division Multiple Access (TDMA)

TDMA beroperasi pada frekuensi 800 MHz atau 1900 MHz. Teknologi TDMA disebut juga Global System for Communication Mobile (GSM). GSM menggunakan enkripsi (sandi) pada pemakaiannya sehingga lebih terjamin keamanannya. Pengguna GSM cukup menggunakan SIM (Subscriber Identification Mobile).

3. Code Division Multiple Access (CDMA)

Sebuah ponsel mengirimkan data (suara) yang masuk kedalam saluran dan akan dibagi-bagi menjadi potongan-potongan kecil dan masuk kedalam saluran frekuensi yang terpisah-pisah, kemudian paket data yang kecil-kecil tersebut akan disebarkan dengan kode yang unik dan hanya dapat diterima pada penerima yang mempunyai kesesuaian data yang akan diambil.

Demikian penjelasan tentang 3 teknologi umum yang digunakan oleh jaringan ponsel sebelum teknologi 3G dan 4G LTE



Posting Komentar

0 Komentar