Kamis, 24 November 2016

Fungsi dan Cara Kerja Jaringan Komunikasi

Jaringan komputer (computer networking) adalah jaringan yang menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya sehingga dapat saling memberikan informasi dan berkomunikasi.

Dengan jaringan komputer kita dapat :

  1. Berbagi pakai sumber daya (resource sharing), baik perangkat keras maupun perangkat lunak yang berada pada masing-masing komputer yang terhubung jaringan.
  2. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas karena pengguna tidak harus berpindah-pindah komputer untuk manajemen data.
  3. Saling berkomunikasi dan mencari informasi melalui e-mail dan website internal jaringan.
  4. Keamanan data lebih terjamin dengan adanya sistem pemusatan data pada terminal (server).
Jaringan komputer dibangun dalam bentuk dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan individu atau perusahaan. Ada berbagai macam desain jaringan komputer, antara lain: LAN dan WAN. Pada dasarnya, LAN dan WAN merupakan desain orisinil jaringan komputer.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, bentuk ini mengalami perkembangan. Saat ini, kita mengenal area jaringan berikut :
  1. Local Area Network (LAN)
  2. Wide Area Network (WAN)
1. Local Area Network
Local Area Networ yang disingkat dengan LAN adalah sistem jaringan dari beberapa komputer atau perangkat komunikasi lainnya yang dihubungkan dengan media komunikasi sehingga masing-masing komputer atau perangkat komunikasi yang dihubungkan dengan jaringan dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

Media komunikasi yang dimaksud dapat berupa kabel jaringan, wireless, dan lain-lain. Jarak antara dua buah komputer pada sistem jaringan LAN kurang lebih 1.000 meter atau 1 kilometer. Sistem jaringan ini dibangun dalam satu gedung atau beberapa gedung yang saling berdekatan.

LAN tidak hanya terbatas pada jaringan dari banyak komputer saja, akan tetapi LAN dapat menghubungkan sebuah atau beberapa komputer dengan printer, scanner, hub, server, dan sebagainya.

Kecepatan transmisi data berkisar 10 Mbps hingga 1.000 Mbps sehingga resikonya sangat kecil. Hal ini disebabkan format dan ukuran data yang di transfer kecil. Mengingat LAN mempunyai area terbatas maka kemungkinan terjadinya gangguan sangat kecil dan mudah teratasi.

Pada LAN alur informasi dan pengalamatan sangat jelas karena menggunakan satu topologi yang sangat jelas.

2. Wide Area Network
Untuk membangun jaringan komputer yang dapat menjangkau area yang lebih luas, maka sistem jaringan dikembangkan menjadi WAN (Wide Area Network). Sistem jaringan WAN dapat menjangkau tempat diseluruh penjuru dunia.

Pada dasarnya, WAN adalah kumpulan dari beberapa LAN yang dihubungkan dengan alat yang dinamakan router. Router inilah yang berfungsi mengatur address-address LAN dan WAN. WAN dapat menghubungkan beberapa komputer atau perangkat komunikasi lainnya seperti printer, scanner, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar