Rabu, 09 November 2016

Sejarah, Fungsi, dan Cara Kerja Telepon


Telepon adalah peralatan informasi dan komunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Umumnya penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, dengan telepon pertama dibuat di Boston, Massachusetts, pada tahun 1876. Tetapi, penemu Italia Antonio Meucci telah menciptakan telepon pada tahun 1849, dan pada bulan September 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh kongres Amerika, dan bukan Alexander Graham Bell.

Saat ini, telepon telah berkembang pesat dalam bentuk telepon genggam. telepon genggam atau lebih dikenal dengan sebutan handphone (disingkat HP) atau telepon selular atau ponsel adalah sebuah peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang memiliki kemampuan dasar yang sama dengan telepon biasa (fixed line) yang konvensional, namun dapat dibawa kemana-mana tanpa kabel (nirkabel; wireless).


Selain berfungsi untuk menerima panggilan telepon, telepon genggam juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service; SMS). Saat ini, telepon genggam telah ditambah fitur kamera dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G, 4G LTE). Ada pula penyedia jasa telepon genggam hampir disemua negara yang menyediakan layanan generasi ketiga dan ke empat (3G & 4G LTE) yang menambahkan jasa videophone maupun televisi online di telepon genggam mereka. Sedangkan dari bentuk fisiknya, mengalami perkembangan mulai dari yang berat dan besar hingga yang seukuran korek api. Dari semua perkembangan tersebut tetap saja dipertahankan teknologi dasarnya, yaitu bagaimana ponsel menerima sinyal dan mengirim sinyal.

Ponsel bekerja dengan mengandalkan sinyal yang dipancarkan dari sebuah pemancar dengan frekuensi tertentu. Untuk membagi-bagi daerah agar terdapat frekuensi yang merata pada daerah tersebut maka sebuah daerah atau kota dibagi menjadi seperti sebuah irisan yang digambarkan sebagai irisan berbentuk heksagonal atau disebut dengan sel (cell). Masing-masing sel tersebut dapat mempunyai frekuensi 800 Hz dan mempunyai cakupan kisaran sekitar 26 km persegi. Masing-masing sel mempunyai suatu menara dan suatu bangunan kecil yang berisi peralatan. Saat kita sedang berjalan dengan mengendarai kendaraan, sinyal akan dipancarkan dari sel ke sel oleh suatu tower atau menara dari tiap sel tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar